Mengenal Lebih Dekat Dengan Masker Kain


WHO menyarankan penggunaan masker untuk mencegah penularan virus covid 19. Dengan menggunakan masker, kita bisa menghindari tertular dan menularkan virus tersebut. Who menyarankan penggunaan masker bedah. Tapi masker ini cukup sulit didapatkan dan memiliki harga yang mahal. Oleh karena itu penggunaan masker bedah bisa diganti ke masker kain. Jika anda menggunakan masker kain sesuai standar kesehatan, maka mampu mencegah tertularnya virus ini. untuk mendapatkan masker kain, anda bisa membeli di toko yang jual masker kain.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Masker Kain

Apa Itu Masker
Mari kita mengenal lebih dekat tentang masker. Dalam kamus besar bahasa indonesia. maker merupakan kain penutup hidung dan mulut. Saat pertama kali virus ini masuk ke indonesia, semua orang langsung panik membeli masker bedah. Hal ini membuat masker bedah sulit didapatkan dan harganya melonjak tinggi. Bahkan mencapai 500 ribu rupiah per boxnya. Padahal masker ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis yang bekerja di rumah sakit.

Untuk mengatasi hal ini, akhirnya WHO menyarankan untuk penggunaan masker kain tiga lapis. Masker bedah dan N95 hanya digunakan untuk para medis dan orang yang sedang sakit saja. untuk orang yang sehat bisa menggunakan masker kain yang memiliki minimal 2 lapis. Sehingga mampu menyerap doublet dengan baik.

Penggunaan Masker Kain Tiga Lapis
Tidak begitu banyak toko jual masker kain yang menjual masker tiga lapis. Banyak toko yang masih menjual masker kain satu lapis atau dua lapis. Padahal yang bisa menyerap dengan baik adalah masker tiga lapis. Saat berada di tempat umum atau keramaian, sebaiknya menggunakan masker kain yang memiliki tiga kain. Jenis makser ini memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam menangkal virus corona. Bahkan bisa menangkal virus hingga 70 persen.

Masker kain bisa dicuci berkali-kali, sehingga lebih hemat. Namun jangan menggunakan masker kain lebih dari 4 jam. Setiap 4 jam sekali sebaiknya diganti dengan yang baru. Selain itu ganti masker yang rusak, sobek atau basah. Cuci masker kain dengan menggunakan detergen atau cairan antiseptik, sehingga masker benar-benar bersih dari virus dan bakteri yang menempel.

Sekarang sudah banyak masker kain yang dijual di pasaran. Ada yang menggunakan tali hijab atau tali earloop. Material yang digunakan pun semakin bervariasi. Bahkan sudah banyak pengrajin yang menawarkan pembuatan masker custom. Anda bisa memilih gambar atau ukiran sesuai yang diinginkan. Tapi perlu anda pahami untuk selalu menggunakan masker kain yang sesuai dengan standar WHO.

Masker kain yang memiliki ukuran pas di wajah, sehingga tidak ada lubang ke mulut atau hidung. Kemudian gunakan masker kain minimal dua lapis. Akan lebih baik menggunakan yang tiga lapis. Anda bisa membuatnya di tempat jual masker kain.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment