Sunday, February 20, 2022

Makanan untuk Menurunkan Tensi Darah

Alat Tensi Darah Akurat


Indonesia merupakan negara dengan tingkat kematian tinggi dikarenakan hipertensi. Penyakit ini juga tidak bisa dianggap remeh karena nyatanya menyerang di hampir semua usia baik tua ataupun muda. Inilah mengapa, alat tensi darah akurat sangat dibutuhkan untuk mengontrol tensi darah agar tidak mengalami hipertensi. 


Bagi penderita hipertensi, merupakan suatu hal yang sangat mungkin untuk mencegah dan mengurangi efek hipertensi. Salah satu kebiasaan yang bisa mendukung dalam penurunan efek hipertensi ini melalui makanan penurun tensi darah yang juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Daftar makanan di bawah ini bisa kamu jadikan konsumsi harian untuk mencegah terjadinya hipertensi.


1. Sayuran Hijau 

Sayuran berwarna hijau memang dikenal dengan nutrisinya yang tinggi sehingga mampu mencegah dari hipertensi. Sayuran yang dimaksud seperti lobak hijau, sawi hijau, bayam, selada, dan berbagai sayur hijau lainnya. Cara konsumsi sayur ini cukup mudah yakni dengan mengonsumsi setengah cangkir sayuran yang sudah matang setiap harinya. Sayuran yang dikonsumsi bukanlah sayuran kaleng, melainkan sayuran yang benar-benar masih segar dari kebunnya.


2. Yoghurt 

Produk olahan susu ini memiliki kalsium tinggi dan probiotik yang bagus sehingga mampu mengurangi resiko hipertensi. Yoghurt seringkali dipilih karena memiliki rasa yang lebih nyaman di lidah. Cara konsumsi yoghurt yakni dengan satu cangkir setiap hari dan bisa juga dicampur dengan buah atau sayuran. Yoghurt yang dipilih adalah dengan kadar gula dan lemak yang rendah.


3. Kentang

Bahan makanan pokok Indonesia ini ternyata memiliki magnesium dan serat yang tinggi sehingga disebut sebagai makanan penurun tensi darah. Kentang juga merupakan camilan yang enak sehingga membantu tubuh untuk mencerna lebih mudah. Cara konsumsinya yakni dengan merebus atau memanggang kentang tanpa garam. Pemakaian garam berlebih tidak direkomendasikan bagi penderita hipertensi. 


4. Oat

Oat menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia sebagai makanan yang kaya akan manfaat kesehatan dan juga membantu dalam proses diet. Kandungan natrium, lemak, dan serat pada oat merupakan kandungan yang dibutuhkan dalam penurunan hipertensi. Dengan sarapan semangkuk oat, kamu akan memiliki nutrisi lebih cukup dengan kadar makanan kesehatan yang lebih baik. Untuk membuat oat semakin lezat, kamu juga bisa menambahkan madu dalam konsumsinya. 


5. Ikan 

Konsumsi ikan setidaknya 3 kali seminggu akan membantu dalam penurunan hipertensi. Ikan laut berlemak akan membantu menurunkan diastolik tubuh selama lebih dari 2 bulan. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan juga membantu dalam pengoptimalan penurunan tensi darah. Manfaat ini juga termasuk minyak ikan yang dikenal dengan khasiatnya mencegah hipertensi dan juga merawat kesehatan jantung. 


Selain 5 makanan diatas, masih banyak lagi makanan sehat yang membantu dalam penurunan hipertensi. Kini kamu sudah tau bukan, betapa pentingnya efek makanan pada kesehatan? 

0 comments:

Post a Comment