Monday, April 11, 2022

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan-bahan Alami

 

Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang terjadi di hampir setiap orang. Kelenjar minyak yang ada di dalam tubuh kita dapat menjadi jerawat di beberapa bagian tubuh. Oleh sebab itu orang-orang mencari bagaimana cara menghilangkan jerawat karena adanya jerawat dapat mengganggu penampilan kita.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Untuk menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami sebagai berikut. 

 1. Minyak pohon teh 

Minyak pohon teh mengandung antibakteri dan anti-inflamasi alami. Oleh sebab itu minyak ini dapat membunuh P. Acnes atau sebuah bakteri penyebab jerawat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Pathology and Leprosy menemukan bahwa produk minyak pohon teh dengan konsentrasi 5 efektif dalam membersihkan jerawat ringan hingga sedang. 

 2. Minyak jojoba 

Menurut majalah Polymer (Basel), minyak jojoba dapat menembus folikel rambut dan menghilangkan komedo, sehingga  menghilangkan jerawat. Minyak ini cukup efektif dalam memperlambat produksi minyak berlebihan yang dapat menyebabkan jerawat. 

 3. Aloe Vera 

Sebuah studi tahun 2018  dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloesin dapat membantu mengurangi jerawat. Dengan menggunakan lidah buaya, jerawat lebih cepat memudar dan kulit menjadi sehat kembali. Gunakan gel  lidah buaya segar untuk dioleskan pada kulit yang memiliki bekas jerawat, biarkan semalaman lalu bilas keesokan paginya. Baca Juga 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami 

 4. Bawang Putih 

Berdasarkan jurnal Applied and Environmental Microbiology, bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiinflamasi yaitu allicin. Allicin membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini juga membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Sedangkan Cara menghilangkan bekas jerawat adalah sebagai berikut. 

 1. Minyak rosehip 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  Archives of Dermatological Research menemukan bahwa asam linoleat  dalam minyak rosehip dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat. Jika Anda memiliki bekas jerawat yang gelap, air mawar dapat meringankannya. Kandungan vitamin A dan asam linoleat dalam minyak rosehip juga dapat membantu mengatur produksi sebum, membantu mencegah pembentukan komedo. Oleskan minyak rosehip pada bekas jerawat dan biarkan semalaman lalu bilas keesokan harinya. 

 2. Lemon 

 Lemon mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cara menghambat jumlah melanin yang dihasilkan oleh sel pigmen di kulit, sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat. Jus lemon juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada bekas jerawat yang ada. Tip, basahi kapas dengan jus lemon dan oleskan pada bekas jerawat. Gunakan hanya pada kulit yang memiliki bekas jerawat, jangan mengoleskan jus lemon ke seluruh wajah karena komponen asam vitamin C  dapat menyebabkan iritasi  kulit, terutama kulit wajah yang sensitif. 

 3. Kunyit 

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan bekas jerawat. Senyawa yang ada dalam kunyit yang disebut kurkumin bekerja untuk mencegah hiperpigmentasi kunyit. 

 4. Cuka sari apel 

Komponen asam asetat dalam cuka sari apel telah terbukti efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Sifat antibakteri cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan jerawat jika digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. 

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami. Selain itu cegah tumbuhnya jerawat dengan menjaga kebersihan terutama tangan dan muka. Pada tempat umum kamu bisa mencari wastafel cuci tangan portabel untuk melakukan sanitasi.


0 comments:

Post a Comment