Sunday, April 17, 2022

Jenis-jenis Pinjaman Tunai Untuk Pribadi Hingga Usaha

 

Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai hadir dalam berbagai bentuk. Ada perbedaan yang jelas antara pinjaman tunai dan pinjaman lain. Adanya perbedaan pinjaman tunai ditentukan berdasarkan jenis kebutuhan peminjam. Beberapa mengambil pinjaman karena mereka membutuhkan uang untuk pengobatan. Ada juga orang yang ingin merenovasi rumahnya, memulai sebuah keluarga atau memulai bisnis. 

Tentu saja kebutuhan yang berbeda juga tentunya membutuhkan jumlah pinjaman yang berbeda. Selanjutnya, perbedaannya adalah pada kondisi yang diberikan. Persyaratan untuk pinjaman besar tentu berbeda dengan pinjaman kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis pinjaman uang tunai yang ada di Indonesia. 

Pinjaman dana tunai tanpa agunan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Pinjaman tanpa agunan (KTA) merupakan pinjaman yang dapat menerima bank untuk pengajuan pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman ini digunakan dan disukai banyak orang karena peminjam tidak perlu memastikan properti mereka sebagai jaminan. Agar dapat meminta pinjaman ini, peminjam hanya memerlukan kartu kredit dari bank atau kartu kredit yang relevan dari bank lain. 

Potensi peminjam bebas untuk meminta pinjaman ini dengan alasan apa pun. Bahkan, pinjaman tunai ini dapat dilakukan untuk kebutuhan konsumsi. Umumnya pinjaman ini digunakan untuk biaya sekolah anak, biaya pengobatan, liburan, pernikahan. Bisakah pinjaman ini digunakan untuk tujuan komersial? Tentu saja bisa. 

Pinjaman Dana Tunai Dengan Agunan atau Kredit Multiguna

Tidak hanya bank yang dapat memberikan pinjaman dengan jaminan tetapi juga lembaga keuangan non-perbankan, leasing bahkan pegadaian pun bisa. Intinya, jika Anda berencana untuk mengajukan pinjaman tunai ini, Anda harus menjaminkan semua aset Anda ke lembaga tersebut. Plafon pinjaman ini saja jauh lebih tinggi daripada KTA. 

Namun, proses pencairannya juga lebih cepat. Asalkan pemberi pinjaman telah membuat perkiraan atau penilaian terhadap agunan. Pinjaman ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan atau keperluan, termasuk perbaikan rumah dan biaya sekolah anak. Bahkan, bisa juga membantu keluarga yang menjalani perawatan serius, seperti berobat ke luar negeri atau operasi besar.

Pinjaman Dana Tunai Untuk Modal Usaha

Bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana tunai untuk kebutuhan usaha atau bisnis, beberapa pinjaman yang bisa menjadi pilihan yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Ultra Mikro (UMi). KUR menjadi pilihan pinjaman bagi pelaku usaha mikro, kecil atau menengah yang harus menyertakan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Sedangkan UMi biasanya dipilih oleh para pengusaha mandiri atau pedagang kecil yang belum layak mendapatkan KUR. Untuk pendanaannya hingga Rp 10 juta dengan tenor maksimal hingga 48 bulan. UMi hanya tersedia di lembaga keuangan.

Pinjaman Online Dengan Modal KTP

Pinjaman ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan KTA. Satu-satunya syarat utama adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pinjaman tunai ini sering difasilitasi oleh startup fintech. Limit pinjaman juga bervariasi, namun biasanya maksimal hanya Rp 10 juta. Itulah mengapa pinjaman ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan uang dengan cepat dan juga tidak terlalu banyak.

Proses aplikasinya juga sangat mudah, Anda bisa melamar melalui website pemberi pinjaman. Dalam beberapa hari, uang itu sudah bisa dicairkan. Namun, tingkat bunga yang mereka terapkan sangat bervariasi. Ada situs yang menghitung 1% per hari, ada situs yang menghitung 3% per bulan, dan seterusnya.

Pinjaman Dana Tunai Berbentuk P2P Lending

P2P lending adalah singkatan dari peer-to-peer lending. Operasi peminjaman uang ini digagas oleh startup yang bergerak di bidang financial technology atau fintech. Konsep P2P lending adalah mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman. 

Rata-rata, peminjam adalah pengusaha mikro yang membutuhkan modal, sedangkan pemberi pinjaman adalah orang yang ingin berinvestasi. Peminjam pasti mendapatkan uang tunai untuk modal usaha dalam proses cepat. Sedangkan pemberi pinjaman akan mendapatkan pengembalian sebagai investasi di reksa dana, deposito atau lainnya.

Bagi Anda yang ingin berkontribusi dalam pengembangan UKM di Indonesia, pinjaman Peer to Peer Lending adalah pilihan yang tepat yang ditawarkan oleh Akseleran. Akseleran menawarkan kesempatan untuk mengembangkan dana yang optimal dengan tingkat bunga rata-rata 10,5% hingga 12% / tahun dan menggunakan asuransi untuk melindungi 99% dari pokok pinjaman. Tentu saja, Anda bisa memulai semua ini hanya dengan Rp 100.000.

0 comments:

Post a Comment